Pages

لْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لاَ يَعْلَمُونَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الأَلْبَابِ "Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang-orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran." (Az-Zumar:9)

Tuesday, May 22, 2012

Melakukan Transaksi dengan Toko yang Menjual Pakaian Tidak Islami

Saya mempunyai sebuah perusahaan komputer yang masih kecil. Saat ini, saya sedang diminta untuk mendesain program administrasi untuk sebuah toko yang menjual barang-barang yang tidak boleh digunakan, seperti pakaian wanita yang ketat dan lain-lain. Apakah saya boleh melakukan kontrak kerja dengan toko seperti ini?
Jawaban : Mufti Agung Prof. Dr. Ali Jum'ah Muhammad


    Ditetapkan dalam kaidah syariat bahwa sebuah barang yang mengandung dua sisi hukum; halal dan haram, maka dosa dari penggunaan barang tersebut untuk sesuatu yang haram adalah dibebankan kepada penggunanya saja, bukan dibebankan pada pembuatnya ataupun penjualnya.

    Pemilik toko itu tidak diharuskan menanyakan kepada setiap perempuan yang membeli pakaian itu, apakah dia keluar rumah dengan memakai pakaian islami atau tidak. Karena, bisa saja dia memakai pakaian itu di dalam rumahnya atau dia memakainya sebagai pakaian dalam. Oleh karena itulah, tidak apa-apa menjual pakaian seperti itu dan melakukan kontrak kerja dengan toko yang menjualnya.

Wallahu subhânahu wa ta'âlâ a'lam.
sumber ; http://www.syrrevnews.com

No comments:

Post a Comment